Anti Males Ngeblog

Anti Males Ngeblog

Salah satu kendala menjadi blogger baik pemula atau yang sudah senior adalah malas menulis. Malas menulis bisa dikarenakan banyak faktor, salah satunya adalah hilangnya mood untuk menulis. Saya ambil contoh sederhana dari diri saya sendiri. Dengan latar belakang pekerjaan saya sebagai seorang fiskus (sebutan lain dari PNS pajak), seharusnya mudah bagi saya untuk menulis tentang artikel pajak karena sudah berkubang di bidangnya tetapi nyatanya, bahan tulisan seputar pajak yang berlimpah ruah sering gagal saya tuangkan lagi ke dalam blog saya hingga sering menyebabkan saya seperti beruang yang hibernasi, atau lama nggak ngeblog hingga ratusan hari.

Ini solusinya!

  1. Just write it, tulis saja walaupun Anda mungkin nggak yakin isinya bakal bermutu dan hasil ketikan awal artikel berantakan. Saya pernah baca ketika orang mempunyai ide dan ingin disampaikan lewat media, maka jangan biarkan mengendap terlalu lama. Segera ketik dan jika ada salah ketik nggak usah berhenti mengoreksi (delete, backspace dsb) lanjut saja dengan ketikan yang salah-salah hingga ide tertuang semua hingga akhir artikel. Barulah jika sudah selesai diketik semua, tahap berikutnya tinggal benerin artikel (ngoreksi salah ketik, pilihan kata dll).
  2. Tidak cuma diketik. Ada singkatan di chating jadul, AFK, kependekan dari Away From Keyboard. Jika ide itu muncul disaat lagi makan di warung dan nggak sempet dudukdepan monitor laptop, maka tulislah di hape, kertas dengan coretan pulpen (pulpennya minjam yang punya warung) atau direkam pakai aplikasi sound recorder di HP. Intinya jangan sampai ide bagus hilang karena lupa nggak segera dicatet.
  3. Dengarkan kritik. Setelah artikel termuat di blog, jangan segan-segan mendengarkan krtitik, kritik pedas hingga manis layak didengar karena para kritikus adalah orang yang menaruh perhatian ke artikel Anda. Ingat Anda tidak membayar pembaca/pengunjung untuk kritikan mereka, sedangkan kritik kecenderungannya bagus untuk perbaikan tulisan jadi dengarkan suara krtikan pembaca.
  4. Cuek bebek. Jika artikel Anda disukai banyak orang, jangan berpuas diri dan jika artikel Anda disumpah serapahin warga jangan minder. Ada hater pasti ada lover, jadi tetep semangat nulis. Kelak saat tua nanti Anda akan senyum-senyum sendiri membaca tulisan jadul blog Anda.

Udah seleasi baca ini, ayo tumbuhkan semangat kuatkan niat dan menulislah.